Sejarah Singkat Tarian

Sejarah Singkat Tarian

Sebenarnya istilah tari dalam bahasa Indonesia merupakan serapan dari bahasa Arab, Tari yang artinya gerakan-gerakan. Menurut beberapa ahli tari mendefinisi tari dengan berbagai pendapatnya seperti misalnya:
  • M. Soedarsono berpendapat bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak - gerik ritmis yang indah.
  • John Martin, seorang ahli tari dari Amerika, dalam bukunya yang berjudul "The Modern Dance" memberikan tekanan bahwa gerak betul-betul merupakan substansi baku dari tari.
  • Curt Sachs, ahli tari dari Jerman dalam bukunya yang berjudul "World History Of The Dance" mengatakan bahwa tari adalah gerak yang ritmis dan berirama (mengandung ritme).
  • Komala Devi Chattopadhyaya dari India berpendapat bahwa tari adalah kodrat dan institet bagi manusia.
  • Prof. Dr. I Made Bandem berpendapat bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak ritmis yang indah bernilai budaya dan menggunakan ruang
  • Pangeran Suryadiningrat mengatakan bahwa tari adalah gerakan-gerakan dari seluruh tubuh yang di tata seirama dengan musik dan memiliki maknna tertentu

    Sumber: Buku Seni Budaya Kelas : 7/1 SMP
    Mohon maaf apabila ada kesalahan nama atau gelar..
Sejarah Singkat Tarian
Writter: Reggy Zian Purnama
DMCA.com Orang pandai tau tata krama. Dilarang copy paste artikel tanpa seizin penulis!

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang oot dari artikel diatas. Komentar yang menyertakan link aktif maupun statis termasuk promosi akan langsung kami hapus.
Show Konversi Kode Hide Konversi Kode Show Emoticon Hide Emoticon